Tip’s Mengirim Barang dan Paket

Tips Sebelum Mengirim Barang dan Paket

Pengiriman paket/barang baik dekat, jauh, antar kota, antar propinsi, luar kota, dalam pulau, luar pulau atau bahkan ke luar negeri sekalipun adalah resiko dan tanggung jawab tambahan dalam melakukan proses pengiriman yang dijalankan, dan untuk menghindari resiko barang tidak sampai, barang salah kirim atau barang rusak saat pengiriman maka kita harus lebih cermat dalam memilih serta memperhatikan ekspedisi atau penyedia jasa pengiriman yang akan kita pakai.

Beberapa langkah yang seharusnya dilakukan dalam mengirim barang (paket) adalah :

  1. Pastikan keakuratan alamat yang dituju selengkap mungkin.
  2. Ukuran Berat / Volume / Kubikasi barang yang akan dikirim , bila barang terlalu ringan juga terlalu memakan tempat maka kami hitung Volumetrik yaitu P x L x T = …… : 4000 x Tariff
  3. Jenis/kelompok barang yang akan dikirim karena masing – masing barang memiliki tariff / bea yang berbeda dan besaran volume barang turut mempengaruhi ongkos kirim.
  4. Pastikan barang yang akan dikirim telah di packing terlebih dahulu , bila tidak maka kami menyediakan jasa packing / pallet dengan tariff yang juga relatif murah.

Setelah semua informasi di atas telah diketahui, maka langkah selanjutnya adalah memilih service, harga, ketepatan waktu hantaran, jenis transporter, dan lain hal yang terkesan membingungkan. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa kita gunakan sebagai rujukan sebelum kita melepas barang kiriman anda :

  1. Ketepatan dan kecepatan waktu pengiriman
  • Transporter via udara atau pesawat terbangadalah jasa cargo yang mengkhususkan diri untuk memberikan service pengiriman lewat pesawat terbang. Ketepatan waktu jenis layanan ini cukup bisa diandalkan, kecuali pada momen momen liburan seperti lebaran, tahun baru dan natal. Karena pada situasi pick season seperti itu, biasanya airlines overload, sehingga mengurangi performa service cargo / ekspedisi angkutan barang. Layanan transportasi jenis ini biaya pengirimannya paling mahal.
  • Transporter via kereta expressadalah jasa cargo / ekspedisi angkutan barang yang mengkhususkan diri untuk memberikan service pengiriman lewat kereta express ( kereta argo anggrek dan kereta express bima, dsb ). Kedua kereta tersebut sebenarnya adalah kereta penumpang express, yang dilengkapi dengan satu gerbong barang di belakang. Ketepatan waktu jenis layanan ini cukup bagus, karena ketepatan jadwal kereta express selama ini bisa di andalkan. Kelemahan dari layanan ini adalah apabila ada kecelakaan kereta atau hal lainnya menyangkut jalur kereta , sehingga bisa dipastikan akan ada keterlambatan barang.
  • Transporter via kapal ferryadalah jasa cargo / ekspedisi angkutan barang yang mengkhususkan diri untuk memberikan service pengiriman lewat kapal ferry tujuan luar pulau , jenis layanan ini juga cukup bagus dengan biaya yang relatif murah , namun perlu diketahui jenis layanan ini tidak bisa dibakukan sesuai estimasi tiba barang yang telah ditentukan oleh pihak ekspedisi kepada pelanggan karena hal ini juga menyangkut jadwal pemberangkatan kapal ( wajib diketahui pelanggan sebelum mengirim barang ) karena jadwal pemberangkatan kapal kadangkala berubah mengikuti kondisi perairan di indonesia.
  • Transporter via trucking adalah jasa cargo / ekspedisi angkutan barang yang mengkhususkan diri untuk memberikan service layanan pengiriman barang menggunakan armada angkutan Pick-Up / Colt Diesel / Trucking , jenis layanan ini cukup bagus untuk tujuan kota – kota dan bisa diandalkan untuk kecepatan dalam pengirimannya dengan biaya pengiriman yang relatif murah juga.
  • Transporter via container adalah jasa cargo / ekspedisi angkutan barang yang mengkhususkan diri untuk memberikan service layanan pengiriman barang menggunakan box container ukuran 20 feet – 40 feet , jenis layanan ini sangat murah juga biayanya namun layanan ini perlu perhitungan khusus bagi pelanggan atas kecepatan / estimasi tiba barang ketempat tujuan karena biasanya memakan waktu yang cukup lama untuk rute tujuan luar pulau.
  1. Garansi

Ada baiknya seorang pelanggan sebelum memutuskan untuk menggunakan jasa ekspedisi meminta penjelasan tentang garansi yang bisa diberikan perusahaan tersebut berkenaan dengan barang kiriman. Teleponlah customer service untuk meminta penjelasan tentang hal hal berikut ini :

  1. Garansi ketepatan waktu, yaitu permintaan garansi apa yang bisa diberikan jasa cargo berkenaan dengan ketepatan waktu yang dijanjikan ( secara tertulis di lembar SPK / PO) Hal ini penting, karena garansi waktu sangat terkait erat dengan transportasi yang digunakan, dan biaya kirim ( asal tidak terjadi forcemajeur saat pengiriman barang )
  2. Garansi kerusakan / barang hilang, yaitu permintaan garansi apa yang bisa diberikan jasa cargo berkenaan dengan kerusakan / barang hilang ( secara tertulis di lembar SPK / PO) Hal ini penting karena garansi ini menyangkut keamanan barang namun hal ini jelas memakan biaya tambahan yang tidak murah dan biasanya pihak pelanggan mengasuransikan terlebih dahulu kepada pihak asuransi selanjutnya menyerahkan sepenuhnya kepada pihak transporter , ada juga yang menyerahkan sepenuhnya kepada pihak ekspedisi untuk pengurusan asuransi’nya , namun beberapa ekspedisi juga sudah memberikan asuransi sesuai ketetapan dan ketentuan yang telah diberlakukan oleh pihak ekspedisi ( tertulis di lembar STT )
  3. Servis

Sebelum mengirim barang dengan cara ekspedisi angkutan barang, hal lain lagi yang perlu dipahami menyangkut servis dan teknis pengiriman barang, diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Door to Door Service , adalah jenis layanan cargo / ekspedisi angkutan barang dimana pelanggan tinggal telepon ke jasa cargo dan mereka akan pick up (mengambil barang) di tempat yang dituju untuk di teruskan ke kota tujuan dan delivery ke alamat yang dimaksud. Service ini paling enak dan cepat bagi pelanggan namun biaya yang ditimbulkan (tariff) paling mahal, dengan adanya layanan ini semakin memudahkan bagi pelanggan.
  • Port to Door Service , adalah jenis layanan cargo / ekspedisi angkutan barang dimana pelanggan mengirimkan barang ke alamat kantor ekspedisi selanjutnya untuk di teruskan ke kota tujuan dan delivery sampai ke alamat tujuan yang dimaksud , biaya yang timbul dari layanan ini sangat murah dan mengurangi biaya pengambilan barang dari tempat pelanggan.
  • Door to Port Service , adalah jenis layanan cargo / ekspedisi angkutan barang dimana pelanggan tinggal telepon ke jasa cargo dan mereka akan pick up (mengambil barang) dari tempat pelanggan untuk di teruskan keport pelabuhan / bandara / stasiun terdekat dari kota tujuan yang dimaksud selanjutnya pengambilan dilakukan oleh pihak penerima/ pemilik barang, biaya yang timbul dari layanan ini sangat murah dan mengurangi beban biaya penerus / BP.
  • Port to Port Service , adalah jenis layanan cargo / ekspedisi angkutan barang dimana pelanggan mengirimkan barang ke jasa cargo dan mereka akan pick up untuk di teruskan ke port pelabuhan / bandara / stasiun terdekat dari kota tujuan yang dimaksud selanjutnya pengambilan dilakukan oleh pihak penerima/ pemilik barang, biaya yang timbul dari layanan ini sangat murah serta mengurangi beban biaya penerus / BP dan biaya dooring.
  1. Harga

Biasanya harga adalah faktor penentu dari kelima faktor diatas. Untuk itu perlu sekali dianalisa tentang ketepatan waktu dan sarana transportasi apa yang paling tepat untuk disesuaikan dengan anggaran yang tersedia.

  1. Pembiayaan

Dalam hal ini pelanggan wajib mengetahui sistem pembayaran yang telah ditentukan oleh pihak jasa cargo sebelum proses pengiriman barang berlangsung antara lain :

  • CAD – Cash after Delivery , adalah sistem pembayaran yang mewajibkan sepenuhnya kepada pelanggan untuk menyelesaikan seluruh beban biaya pengiriman yang telah disepakati, namun kebanyakan pihak jasa cargo memiliki ketentuan yang telah berlaku bahwa untuk sistem pembayaran awal adalah 40% – 50% bahkan 60% – 75% dari total nominal yang disepakati bersama, selanjutnya sisa pembayaran wajib dilunasi begitu barang dinyatakan telah / menjelang tiba di tujuan.
  • COD – Cash on Delivery , adalah sistem pembayaran yang mewajibkan sepenuhnya kepada pelanggan untuk menyelesaikan terlebih dahulu seluruh beban biaya pengiriman yang telah disepakati bersama sebelum / menjelang barang ter-Delivery ke tempat tujuan.
  • Pastikan bahwa seluruh beban biaya pengiriman yang timbul telah include pajak / ppn 10% dari total nominal dan jangan sampai setelah proses pengiriman selesai baru terjadi timbulnya ppn 10% ( hal ini penting bagi pengusaha kena pajak) namun hal ini bisa dibicarakan oleh kedua belah pihak.

( By : Sam,s )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *